Sunday, March 21, 2010

A Christmas Carol [2009]

Ebenezer Scrooge (Jim Carrey) memang adalah seorang pria yang pandai berhitung. Tak ada hal yang ia lakukan sebelum melalui pertimbangan untung dan rugi. Buatnya, persahabatan, cinta dan bahkan hari Natal adalah pemborosan dan tak perlu dilakukan. Semuanya berjalan sesuai keinginan Ebenezer, setidaknya sampai ia mengalami perjalanan fantastis yang mengubah sisi pandangnya.

Suatu ketika Ebenezer Scrooge yang super pelit ini didatangi sosok gaib bernama Jacob Marley (Gary Oldman). Jacob memberi tahu bahwa Ebenezer akan didatangi tiga sosok gaib yang akan mengungkap kisah perjalanan hidup Ebenezer. Tiga sosok gaib ini akan mengantar Ebenezer melewati perjalanan panjang melampaui batas ruang dan waktu untuk membuka mata hati Ebenezer.

Yang muncul pertama adalah Ghost of Christmas Past (Jim Carrey). Ghost of Christmas Past ini membawa Ebenezer ke masa lalu untuk mengungkap apa sebenarnya yang membuat Ebenezer sangat membenci hari Natal. Setelah itu muncul Ghost of Christmas Present (Jim Carrey) yang mengantar Ebenezer melihat kebahagiaan dan penderitaan orang-orang yang ada di sekitar Ebenezer. Setelah tugas Ghost of Christmas Present selesai, muncullah Ghost of Christmas Yet to Come (Jim Carrey). Sosok ketiga ini memperlihatkan apa yang akan terjadi pada Ebenezer jika ia tidak segera mengubah jalan hidupnya.

A Christmas Carol boleh jadi adalah kisah klasik yang tetap bisa relevan hingga saat ini. Charles Dickens menulis kisah yang penuh dengan pesan moral ini di tahun 1843 dan sejak saat itu telah diadaptasi ke berbagai bentuk termasuk drama panggung, film televisi, film layar lebar, dan drama radio. Untuk versi layar lebar saja terhitung ada sekitar dua puluh versi dari cerita yang sama meski dengan berbagai bumbu untuk menarik konsumen.

Soal ketaatan pada sumber asal, A CHRISTMAS CAROL yang disutradarai oleh Robert Zemeckis ini terbilang cukup setia. Zemeckis sepertinya masih menganggap kisah moralitas ini cukup relevan dan tak memerlukan penafsiran ulang. Dan keputusan itu benar karena kisah karya Dickens ini memang bisa dibilang tak lekang ditempa musim. Konsep dasarnya tetap menarik sampai-sampai film THE GHOSTS OF GIRLFRIENDS PAST yang sekarang masih ditayangkan di beberapa gedung bioskop pun 'meminjam' konsep yang sama.

Soal akting, nama Jim Carrey bisa jadi adalah jaminan bahwa kualitas akting yang disuguhkan tak akan mengecewakan. Tapi bukan hanya itu, karena dalam film ini Jim memerankan empat karakter sekaligus maka beban yang ditanggung Jim juga cukup berat. Keuntungannya, penonton justru lebih bisa mengaitkan ketiga sosok gaib (Ghost of Christmas Past, Ghost of Christmas Present, dan Ghost of Christmas Yet to Come) ini dengan karakter Ebenezer Scrooge karena pada dasarnya keempat karakter ini memang adalah perwujudan dari orang yang sama.

Semua itu bakal tidak ada artinya jika tidak disajikan dalam bentuk suguhan visual yang memukau dan lagi-lagi Zemeckis pantas diacungi jempol karena ia mampu memberikan pengalaman yang 'wah' sekaligus efektif. Bisa dibilang karya Zemeckis kali ini lebih bagus dari suguhan visual yang ia berikan pada POLAR EXPRESS dan BEOWULF.(kapanlagi.com)

Download subtitle Indonesia: DVDRip-MC8, DVDRip-RUBY/ILG
Download Film : DVDRip-iLG

No comments:

Post a Comment

Popular Posts