Wednesday, March 10, 2010

Sherlock Holmes [2009]

Tak ada yang pernah meragukan kalau Sherlock Holmes (Robert Downey Jr) adalah seorang penyelidik yang handal. Tak ada kasus yang tak bisa dipecahkan oleh Sherlock bahkan yang paling pelik sekalipun. Sherlock dan sahabatnya, Dr. John Watson (Jude Law) adalah tim yang tak terkalahkan.

Pihak kepolisian Inggris sudah sering kali terbantu oleh dua orang yang mahir dalam menyelidiki kasus kejahatan ini termasuk saat Sherlock dan Watson berhasil mengungkap kejahatan penyembah setan bernama Lord Blackwood (Mark Strong) dan membawa pria ini ke tiang gantungan. Kekalahan inilah yang tak bisa diterima oleh Lord Blackwood yang pada hari kematiannya bersumpah akan membalas dendamnya pada Sherlock Holmes.

Tak berapa lama kemudian, sebuah kasus kejahatan kembali mengharuskan Sherlock Holmes dan Dr John Watson turun tangan. Serangkaian tindak kejahatan ini dilakukan bukan oleh sembarang orang. Bila Sherlock dan Watson gagal, maka seluruh negeri Inggris yang jadi taruhannya. Sherlock menduga semua itu ada hubungannya dengan Lord Blackwood yang telah meninggal di tiang gantungan.

Kisah detektif Sherlock Holmes barangkali adalah kisah detektif yang berumur paling panjang sampai saat ini. Pertama kali muncul di tahun 1887, nama detektif rekaan Sir Arthur Conan Doyle ini terus melegenda hingga kini. Namun seiring perkembangan zaman, orang mulai bergeser pada tokoh pahlawan yang lebih modern dan nama Sherlock Holmes pun hanya menjadi legenda lama yang masih hidup di hati para penggemar setia karakter ini.

Guy Ritchie mungkin adalah salah satu dari penggemar Sherlock Holmes yang prihatin dengan kondisi ini dan berusaha membuat tokoh legendaris ini kembali hidup. Langkah pertama yang diambil Guy adalah membuat penafsiran baru atas karakter legendaris ini lalu mengemasnya dalam media hiburan yang populer saat ini. Hasilnya adalah film berjudul SHERLOCK HOLMES ini.

Suka atau tidak suka, visi Guy Ritchie ini tetap layak diacungi jempol karena tak mungkin membangkitkan legenda lama ini tanpa memberinya penafsiran baru. Dan usaha Guy juga tidak berhenti sampai di sini karena secara keseluruhan SHERLOCK HOLMES ini tersaji dengan sangat baik, mulai dari sisi visual hingga akting para pendukungnya.

London tahun 1891 dapat direplika dengan baik oleh Guy Ritchie sementara aksen Robert Downey Jr juga cukup meyakinkan sebagai orang Inggris. Kalaupun ada yang disayangkan justru adalah hilangnya kenikmatan mengikuti kisah detektif legendaris ini karena penafsiran yang lebih menekankan fisik ketimbang pemikiran.(Kapanlagi.com)

Download Subtitle Indonesia : BDRip-Lacerny, DVDRip-DiAMOND, BRRip-Flawless/Santi, DVDRip-aXXo,
Download Film : DVDRip-aXXo

No comments:

Post a Comment

Popular Posts