Saturday, November 12, 2011

Cold Mountain [2003]

Film yang diangkat dari novel karya Charles Frazier dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1997, bersetting pada era perang sipil Amerika. Sekalipun demikian, tampaknya sutradara Anthony Minghella yang mengerjakan film ini tidak mengangap cerita "Cold Mountain" sebagai sebuah kisah tentang perang, namun lebih menyentuh pada sisi human dari seorang pria yang terpengaruh secara psikologis akibat perang, dan efek perang yang menjamah hingga kesebuah dunia yang jauh dari medan perang.

Didukung oleh tim produksi yang membidani "English Patient", Minghella mulai mengerjakan film yang diproduseri oleh Sydney Pollack( Tootsie, The Fabulous Baker Boys, The Talented Mr. Ripley). Casting yang dilakukan untuk pemeran tokoh-tokoh dalam novel Frazier ini jatuh kepada Jude Law (Inman), Nicole Kidman (Ada) dan Renee Zellwegger (Ruby). Sederet bintang pendukung yang terlibat film ini antara lain : Philip Seymour Hoffman (Twister, Flawless, Along Came Polly), Natalie Portman (Leon, Mars Attacks!, Star Wars Trilogy), Kathy Baker ( Serial Picket Fences, Serial Boston Public, The Cider House Rules) dan aktor kawakan Donald Shuterland.

Inman, seorang prajurit dari pasukan Konfiderasi, nekat mengarungi medan perang dan beragam rintangan disetiap jalan yang ia lalau, demi menemui cintanya, seorang wanita bernama Ada. Jauh dipeternakan milik ayahnya, Ada juga tengah berjuang untuk menghadapi persoalan yang tidak lebih baik dari perang. Namun Ada tidak sendiri karena Ruby yang membantunya mempertahankan peternakan di Cold Mountain. Kebersamaan Inman dan Ada, tidak hanya mencerminkan rasa cinta yang sarat, namun juga menjadi refleksi kerinduan akan perdamaian, ketenangan dan kebahagiaan setelah dunia mereka porak poranda akibat perang.

Dari 8 Nominasi Golden Globe Awards 2004 yang dikantongi oleh film Cold Mountain, termasuk diantaranya untuk musisi Sting (You Will Be My Ain True Love), Renee Zellwegger berhasil memenangkan nominasi Artis Pendukung Terbaik.(indosiar.com)

Download Subtitle Indonesia : Bluray-CHD/DVDRip-DiAMOND

No comments:

Post a Comment

Popular Posts