Tuesday, December 11, 2012

Subtitle tidak sinkron? Resynch sendiri donk!

Sering dijumpai kejadian kita download subtitle, ehhh... rupanya gak sinkron dengan file film yang kita punya. Bingung mau cari kemana lagi tuh subtitle, sub yang lain terjemahannya amburadul. Mau dipaskan waktunya (resynch) caranya gak tahu. Mau minta tolong sama yg punya sub di subscene buat resynch, kesannya kok memelas.

Kebanyakan yang terjadi adalah, timing sub dan film cuma beda detik, entah itu  terlalu cepat atau terlalu lambat. Dan sebenarnya, orang biasa pun bisa meresynch.

Di sini ane gak akan menjelaskan tentang mengatur waktu subtitle dengan menggunakan player video, itu semua udah pada tahu. Ane hanya akan kasih trik atau cara resynch dengan menggunakan program Subtitle Edit (SE). Untuk penggunaan program yang lain, nanti-nanti aja dulu.

Yang pertama-tama yang harus dilakukan adalah download dan instal program SE-nya (hukumnya wajib.. hahahahaha). Setelah selesai diinstall, buka program tersebut. Lalu buka file subtitle yang akan diresynch, dan mulailah untuk meresynch.

Kalau terlambat sekian detik, berarti dicepatin. Kalau kecepatan, berarti dilambatin. Semuanya dilakukan hanya dengan meng-klik tab "synchronization" pada SE, lalu klik "adjust all time", kemudian silahkan deh itu timing  subnya mau dilambatin atau dicepatin.

Kalau ada pertanyaan atau ada yang belum jelas. Silahkan komen di sini!


Untuk resynch dari sub versi DVDRip ke BRRip atau sebaliknya, akan dibahas lain kali.





No comments:

Post a Comment

Popular Posts