Saturday, February 2, 2013

Pesona Riam Merasap di Perbatasan


Air Terjun Riam Merasap merupakan potensi wisata alam di daerah perbatasan di Kabupaten Sambas yang masih belum dikelola secara maksimal.

Air Terjun Riam Merasap persisnya terletak di wilayah Kecamatan Sajingan Besar dan berbatasan langsung antara Indonesia dan Malaysia.

Dari pusat kota Sambas menuju lokasi air terjun Riam Merasap berjarak 82 Kilometer (KM). Untuk ke lokasi bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. "Sementara dari Malaysia untuk menikmati air terjun ini, dari titik nol perbatasan hanya menempuh jarak 10 km," kata Randa, pengurus saluran air Bersih Riam Merasap ke pemukiman masyarakat kepada Equator beberapa bulan yang lalu.

Kecamatan Sajingan merupakan wilayah perbatasan Aruk (Indonesia) dan Biawak (Malaysia), maka tidak heran kalau melihat warga jiran sering menikmati kesejukan Air Terjun dua tingkat yang berketinggian 20 meter dengan lebar 8 meter ini. Setiap hari Minggu pasti ada saja warga Malaysia yang datang ke Air Terjun Riam Merasap, baik dari Biawak, Lunduk dan Sematan.

Banyaknya warga Malaysia yang menikmati air terjun, dikarenakan jarak dari titik nol perbatasan Indonesia dan Malaysia menuju ke lokasi Air Terjun Riam Merasap hanya berjarak 10 km saja, sementara dari jalan raya Sajingan berjalan kaki menuju lokasi air terjun riam merasap hanya berjarak 2 km. “Itupun satu kilonya bisa menggunakan kendaraan roda dua," jelas Randa.

Menurut randa, 90 persen masyarakat Kecamatan Sajingan Besar sudah memanfaatkan potensi air terjun tersebut.

Setiap rumah yang dialiri air bersih ini kita kenakan biaya Rp 2000 perbulannya, itupun untuk mengganti pipa yang pecah, sementara 10 persen warga yang tidak menggunakan air bersih ini dikarenakan tinggalnya di wilayah tepian sungai air terjun Riam Merasap.

Objek Wisata Riam Merasap ini sangat menarik untuk dinikmati. Jika ada yang berminat ke lokasi air terjun Riam Merasap, harus rela menempuh perjalanan 82 KM dengan menggunakan kendaraan dan harus rela berjalan kaki selama 2 KM untuk tiba di lokasi air terjun.

Sementara selama perjalanan dari Kota Sambas melintasi jalan aspal hingga Kecamatan Galing, setelah itu melintasi jalan negara yang masih dalam proses pengerjaan (pengerasan).

Dijelaskan Randa, untuk masuk dan menikmati keindahan air terjun Riam Merasap tidak dipungut bayaran, karena lokasi air terjun yang masih alami ini belum dikelola penuh oleh Pemerintah Kabupaten Sambas. Tetapi, wisatawan harus membawa perbekalan makan dan minum selama menikmati air terjun. “Karena di lokasi air terjun ini tidak ada warga atau masyarakat setempat yang berjualan,“ papar Randa.

Selain memiliki potensi air terjun Riam Merasap, Kecamatan Sajingan juga memiliki objek wisata Air Terjun Riam Naik Kubik dengan ketinggian 8 m, Jarak tempuh dari Kecamatan sajingan 15 km, Air Terjun Riam Pencarek ketinggian 80 m dengan jarak tempuh 17 km dan Air Terjun Riam Cagat berketinggian 100 M dengan jarak tempuh 9 km dengan berjalan kaki menyisir hutan yang masih alami. Selain air terjun, Kecamatan Sajingan juga memiliki Goa Alam Santok. Terang Randa.




No comments:

Post a Comment

Popular Posts